Rabu, 14 Juli 2010

Masjid Jami' Air Tiris, Kampar - Wisata



Masjid Jami' Air Tiris Kampar - RiauWisata Riau - Masyarakat Riau, khususnya Kampar juga memiliki sebuah masjid kebanggaan nan bersejarah selain ICB yang berdiri kokoh dengan megahnya baru-baru ini.

Bangunan ini adalah Mesjid Jami’ yang berlokasi di Air Tiris Kecamatan Kampar, Kabupaten Kampar.

Lokasi Mesjid Jami’ dekat dengan Pasar Air Tiris Kecamatan Kampar, mesjid ini juga memiliki keunikan tersendiri dalam hal arsitektur jika dibandingkan dengan mesjid-mesjid lain di Propinsi Riau. Mesjid ini dibangun pada tahun 1901.

Pada puncak atapnya terdapat tingkatan menara yang cukup tinggi dan bahan bangunannya terbuat dari kayu tanpa menggunakan paku besi, alias hanya menggunakan pasak kayu sebagai ganti paku.




Halaman Depan Masjid Jami' Air Tiris Kampar - RiauSaat ini Mesjid Jami' Air Tiris, Kampar masih dipertahankan bentuk aslinya.

Jika anda sampai kesana anda akan menemui dinding masjid yang terbuat dari papan yang diukir. Atau bahkan tiang empatnya masih ada bekas tarahan seperti awal pembangunannya.







Batu Berbentuk Kepala Kerbaudi  Masjid Jami' Air Tiris Kampar - RiauDi luar mesjid terdapat sebuah sumur yang di dalamnya terendam batu besar yang mirip dengan kepala kerbau. Konon, batu tersebut selalu berpindah tempat tanpa ada yang memindahkannya.

Oleh masyarakat tempatan, mesjid ini dianggap keramat dan kini banyak mendapat kunjungan wisatawan nusantara maupun mancanegara, terutama dari Singapura dan Malaysia untuk membayar nazar dan mandi di sumurnya.


Kunjungan yang terbanyak sesudah Bulan Puasa atau pada hari raya Puasa Enam.


Masjid Jami' didirikan oleh masyarakat Air Tiris yang pada waktu itu dipimpin oleh Engku Mudo Sangkal, seorang yang sangat dihormati dan panutan kampung. Jami' sendiri memiliki arti ramai atau selalu ramai, atau selalu dikunjungi.

1 komentar: