Selasa, 05 Juni 2012

Penemuan Gunung Jadi di Kampar Provinsi Riau

Tim Pecinta Alam Ekspedisi 12-12, baru-baru ini, menemukan gunung pertama di Provinsi Riau. Gunung setinggi 1.100 meter di atas permukaan laut itu diakui lembaga ilmiah sebagai satu-satunya gunung di Riau. Masyarakat adat setempat memberi nama gunung di Kampar itu Gunung Jadi.

Gunung Jadi yang ditemukan berada di Desa Sungai Santi, Kecamatan Kampar Kiri Hulu, Kabupaten Kampar.  Untuk mencapai puncak gunung, Tim Ekspedisi 12-12 harus menempuh perjalanan 18 kilometer. Mereka menelusuri 10 bukit dan tujuh anak sungai di kawasan Hutan Suaka Margasatwa Bukit Rimbang Baling.

Anggota Tim yang terdiri dari sembilan aktivis lingkungan dan mahasiswa pecinta alam itu berusaha menembus rimba dengan medan yang berat. Menurut anggota Ekpedisi 12-12, kawasan hutan yang dihuni puluhan harimau, beruang, dan badak itu belum terjamah manusia. Setelah lima hari berjalan kaki, Tim Ekspedisi 12|12 akhirnya sampai di puncak gunung. Mereka langsung mengibarkan bendera Merah Putih di ketinggian 1.100 mdapl.

Gunung Jadi memiliki pesona dan keindahan alam yang luar biasa. Gunung itu memunyai potensi wisata alam yang menarik. Gunung itu mempunyai dua puncak. Di lembah gunung banyak air terjun, sedikitnya ditemukan 7 air terjun dengan ketinggian 3 hingga 30 meter.


Gunung Djadi merupakan gunung pertama yang ditemukan di Propinsi Riau. Topografi dataran Propinsi Riau yang umumnya datar membuat propinsi ini tidak memiliki gunung yang tinggi seperti propinsi tetangganya yang berada di jalur Bukit Barisan, Sumatera Barat maupun Sumatera Utara. Vivanews melaporkan bahwa Tim XPDC 12-12 akhirnya sampai ke puncak Gunung Djadi, gunung yang baru ditemukan di provinsi Riau. Awalnya tim ini memperkirakan sampai pada Minggu 1 Januari 2012. Namun karena medan cukup sulit, mereka baru sampai puncak pada pukul 13.00 WIB, Rabu 4 Januari 2011.
Gunung Djadi Provinsi Riau
Gunung Djadi Provinsi Riau (RiauDailyPhoto)
Gunung ini terletak di Kabupaten Kampar, Riau. Diduga sebagai gunung pertama di Riau. Walau hanya memiliki ketinggian 1.100 Mdpl, gunung ini hampir sama tinggi dengan Gunung Daik di Kabupaten Lingga, Propinsi Kepulauan Riau.
Tim XPDC 12-12 berharap Gunung Djadi ini bisa terjaga dengan baik, karena kawasan sekitar Gunung Djadi ini merupakan daerah tangkapan air (catchment area) untuk Daerah Aliran Sungai (DAS) Kampar. Sehingga kawasan ini perlu tetap dijaga dari tangan-tangan yang akan merusaknya dengan mengalihfungsikan kawasan ini menjadi perkebunan dan industri kehutanan.
Tim juga membuat tugu untuk menandakan ketinggian dari puncak Gunung Djadi, dan selanjutnya berdoa bersama. Inti dari doa ini adalah menyampaikan amanat seluruh masyarakat di Riau bahwa kondisi lingkungan di Riau saat ini sudah sangat parah. Jadi, perlu segera dilakukan perbaikan terhadap itu semua.
Tim perjalanan XPDC 12-12 terdiri dari River Defender, Brimapala Sungkai, Telapak BT Riau, Yayasan Mitra Insani dan Gurindam12. Mereka memulai pendakian Gunung Djadi yang baru ditemukan itu pada 29 Desember 2011 lalu dan baru sampai ke puncak gunung 4 Januari 2012, sebelumnya mereka menargetkan dapat sampai ke puncak pada 1 Januari 2012.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar