Minggu, 10 Juni 2012

Wisata Alam Kampar : Danau Rusa Koto Panjang

PLTA Koto Panjang
Danau Rusa Koto Panjang, berlokasi di Desa Merangin, Bangkinang Barat, Kabupaten Kampar, lebih kurang 88 km dari kota Pekanbaru. Di Danau Rusa Koto Panjang ini dapat kita saksikan pemandangan alam yang sangat indah, dengan deretan bukit-bukit yang ditumbuhi pepohonan dengan jenis yang beragam.
Luas areal Danau Rusa Koto Panjang ini sekitar 14.000 Ha yang mampu menghasilkan listrik dengan daya 114 mega watt yang melayani sebagian besar kebutuhan listrik masyarakat Riau. Kawasan Danau Rusa Koto Panjang tidak semata-mata sebagai sumber tenaga listrik dan sumber air bersih, tapi juga menyimpan nilai historis bagi masyarakat Kabupaten Kampar dan Kabupaten Lima Puluh Kota khususnya serta masyarakat Provinsi Riau dan Sumatera Barat pada umumnya.
Pembangunan kawasan Danau Rusa Koto Panjang dimulai tahun 1979, ketika PLN berencana membangun dalam skala kecil di Tanjung Pauh untuk memanfaatkan air Batang Mahat, anak Sungai Kampar Kanan. Pada bulan September dan November 1979, TEPSCO (Tokyo Electric Power Service Co. Ltd.), sebuah perusahaan konsultan Jepang, mengirim tim pencarian proyek (project finding) ke Sumatera. Dari hasil survey yang dilakukan, TEPSCO mengusulkan pembangunan waduk berskala besar di pertemuan Sungai Kampar Kanan dengan Batang Mahat yang lokasi damsite-nya di daerah Koto Panjang.
Pada bulan Januari 1993, pembangunan proyek yang terletak di tapal batas Provinsi Riau dengan Provinsi Sumatera Barat ini pun dimulai. Pada bulan Maret 1996, bendungan selesai dibangun dan langsung dilakukan ujicoba penggenangan air. Bertepatan dengan hari Jumat tanggal 28 Februari 1997, penggenangan air secara resmi dilakukan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar