Minggu, 10 Juni 2012

Wisata Keluarga Kampar

Stanum
Stanum. Sebuah tempat rekreasi yang terletak di ibukota Kabupaten, berjarak 1 Km dari pusat kota Bangkinang. Tempatnya menarik dan strategis, yakni berada diatas perbukitan yang berhawa sejuk dengan pepohonan yang rindang. Kawasan ini dilengkapi dengan berbagai fasilitas, diantaranya ternpat pemandian, Musholla, Gedung Pertemuan, Motel, Restoran, Panggung Hiburan, dan Kolam Renang "INDOPURA" yang berskala Internasional. Stanum merupakan hasil kerjasama pemerintah Indonesia dengan angkatan udara pemerintah Singapore. Perkembangan selanjutnya Stanum menjadi salah satu tempat yang sering digunakan untuk kegiatan meeting, seperti konferensi, seminar, pelatihan (training).

Bukit Cadika
Bukit Candika, berada di dalam kota Bangkinang di kawasan perbukitan dengan ketinggian sedemikian rupa sehingga dari bukit ini seluruh kawasan perkotaan Bangkinang terlihat dengan jelas sampai ke seberang Sungai Kampar. Bukit Candika merupakan taman hutan kota yang sengaja dilestarikan untuk keindahan kota, tempat rekreasi, bumi perkemahan (campiong ground), dapat digunakan untuk pendidikan alam, out bound dan kegiatan alam terbuka lainnya.  Taman hutan kota ini mempunyai aksesibilitas yang tinggi dan dilengkapi dengan beberapa pesanggrahan (shelter). Secara khusus taman ini diperuntukan untuk pelatihan alam terbuka bagi pramuka.

Bukit Naang
Bukit Naang. Suatu kawasan pinggir kota Bangkinang, Desa Pasir Sialang yang masih bernuansa hutan dan dikembangkan menjadi taman rekreasi.  Selain taman bermain keluarga di lokasi ini juga sudah dibangun kolam renang. Taman dengan nuansa hutan ini adalah milik perorangan yang akan dikembangkan lebih jauh menjadi taman rekreasi keluarga yang bertaraf internasional terutama untuk kegiatan out bound dan  camping ground. Saat ini (2007) melalui kerjasama dengan rekan bisnis dari Eropa sedang dilakukan rancang bangun areal wisata taman-hutan untuk lokasi tersebut. Secara khusus lokasi ini akan dikembangkan untuk kegiatan pelatihan dan permainan atraktif yang bersifat pengembangan kemampuan manajerial dan keterampilan tertentu melalui pendekatan outbound.

Kasang Kulim
Kebun Binatang Kasang Kulim. Merupakan taman margasatwa untuk rekreasi dengan total luas lahan 17 Ha (terkelola ± 10 Ha). Terdapat berbagai jenis binatang liar, seperti beruang, elang, orang utan, gajah, siamang, buaya, babi, bahkan terdapat kangguru dan kuda nil.  Di areal ini juga terdapat taman rekresasi keluarga, shelter dan panggung hiburan. Lokasi ini sangat banyak dikunjungi masyarakat dari berbagai penjuru, khususnya masyarakat Pekanbaru karena lokasinya yang berada di pinggiran kota Pekanbaru.




Peta Wisata Kampar
     

Sumber:
Dinas Pariwisata Kabupaten Kampar

Tidak ada komentar:

Posting Komentar