Minggu, 10 Juni 2012

Wisata Religius Kampar

Masjid Kubro Masjid Kubro. Merupakan objek wisata peninggalan sejarah masyarakat Melayu Darat yang berbentuk bangunan masjid yang didirikan pada tahun 1889 dengan arsitektur tradisional didirikan secara bergotong royong oleh persukuan yang ada disekitar daerah tersebut yaitu suku Domo, suku Bendung, suku Melayu, Suku Sakai, suku Putopang dan suku Piliang dengan koordinator Raja Kampar. Masjid ini sebagai tanda penerimaan masyarakat Padang Merbau terhadap perkembangan agama Islam. Daya tarik objek wisata ini adalah keindahan arsitektur dan struktur bangunan yang khas mencerminkan gaya Melayu Darat. Masjid ini terletak dusun Padang Merbau desa Kampung Panjang,  Kec. Kampar.
     
  Masjid Ikhsan Masjid Ikhsan adalah salah satu masjid tertua di Kabupaten Kampar dengan arsitektur yang sangat khas.  Beberapa ornamen bangunan mencirikan ukiran Melayu dan Cina namun badan bangunan sudah berciri konstruksi Belanda dengan pintu dan jendela berukuran besar dan berkisi-kisi. Desain atap berbentuk limas dan menjadi ciri beberapa bangunan masjid tua di Kampar.
     
  Syech Burhanuddin Makam Syech Burhanudin (Ziarah). Berupa makam Ulama Besar yang menyebarkan agama Islam terhadap penduduk asli Melayu di sekitar Hulu Sungai Kampar (Gema). Makam tersebut banyak dikunjungi para peziarah dari Malaysia, Sumbar dan masyarakat Riau pada umumnya. Keunikan makam ini adalah panjangnya yang mencapai 3 meter. Makam ulama yang penaruhnya masih kuat sampai hari ini, terdapat di Desa Kuntu, Kampar Kiri Hulu. Salah satu peninggalan besar beliau adalah Kitab Fathul Wahab, disamping benda pusaka lain seperti stempel berbahasa arab dan tongkat sang guru. Makam ini merupakan salah satu tempat ziarah yang paling banyak dikunjungi di Kampar.
     
  Syech Abdul Gani Makam Syech Abdul Ghani (Ziarah). Makam seorang ulama besar pengembangan aliran Naqsyabandiah di Indonesia. Makam yang berada di pinggiran waduk Koto Panjang ini selalu dikunjungi penziarah pada hari-hari besar Islam baik yang datang dari wilayah sekitar Kampar, Jakarta dan daerah-daerah di Jawa maupun dari Malaysia.
     
 
Makam Syech Jaafar berada di Kec. XIII Koto Kampar.
     


Makam Syech Abdul Samad Palambani berada di Kec. Bangkinang Barat.

   

Syech Harun Makam Syech Harun berada di Rumbio Kec. Kampar, Syech Harun seorang Ulama pengembang Agama Islam, Lahir di Sialang Kab. Lima Puluh Kota Prov. Sumatera Barat, lama menetap di Makkah dan berkelana dalam mengembangkan syariat Islam sampai ke Mesir, Pakistan, Turki, Negeri China, Tanah Jawa, Makasar, Kalimantan dan Sumatera, Beliau lama berguru kepada Syech Muhammad Arsyad di Kalimantan, terakhir menetap di Desa Rumbio dan wafat pada tahun 1984 dalam usia lebih dari 150 Tahun.

   


Makam Syech Engku Mudo Husin berada di Desa Naga Beralih di Kec. Kampar Utara.


 


Makam Syech Abdul Hamid (Ulama dari Arab) berada di Desa Pantai Cermin Kec. Tapung.

   


Makam Syech Mahfud berada di Desa Pantai Cermin Kec. Tapung.

   


Makam Engku Mudo Sangkal berada di Airtiris Kec. Kampar

   

  Makam Syech Abdul Muis Al Halidy (asal Iraq) dan Istri Siti Saadah Abdawiyah (asal Malaysia) berada di Desa Batu Belah Kec. Kampar.

Peta Wisata Kampar
     

Sumber:
Dinas Pariwisata Kabupaten Kampar

Tidak ada komentar:

Posting Komentar